Skema & Cara Pasang Relay 4 Kaki Lampu Motor

Bagikan!

Saat ini pergantian lampu depan motor sedang tren di kalangan para pengguna. Hal tersebut karena pergantian lampu dengan tipe HID dan halogen dinilai lebih terang dibandingkan lampu standar sayangnya hal ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja karena cukup mahal. Salah satu solusi jika Anda menginginkan lampu depan motor yang terang adalah dengan menggunakan relay, tahukah Anda cara pasang relay lampu tambahan?

Skema Pasang Relay Lampu Motor

Baca Juga : Skema Flasher Motor

Beberapa Contoh Skema Pasang Relay Lampu Motor

Jika Anda penasaran bagaimana cara memasang relay atau apa yang disebut dengan relay itu sendiri, simak informasinya di bawah ini.

  • Skema relay lampu motor

Skema relay lampu motor

Skema pertama yang bisa Anda gambar adalah dengan meletakkan gambar relay di tengah kemudian disambungkan dengan kabel. Relay yang pertama disambungkan dengan kabel hitam, kuning, dan merah sedangkan relay kedua disambungkan dengan kabel hitam, hijau dan merah. Masing-masing relay yang dihubungkan dengan kabel tersebut disambungkan ke lampu dekat-jauh dan juga aki.

Perlu Anda ketahui juga bahwa posisi dari lampu dekat-jauh yang ada pada soket begitu juga dengan warna kabel yang disebutkan tadi bisa digambarkan dan diterapkan dengan warna yang berbeda. Jadi hal tersebut bisa ditentukan tergantung dari jenis motornya. Nah skema ini bisa diaplikasikan untuk membuat relay yang akan digunakan pada motor yang memiliki sumber listrik DC ya.

Motor yang memiliki kelistrikan DC ini adalah motor yang lampunya bisa nyala tanpa Anda nyalakan mesinnya terlebih dahulu. Jadi ketika Anda memasang kunci motor ke power on maka lampu depan akan otomatis nyala. Nah namun jika Anda ingin menggunakan rangkaian ini pada motor yang memiliki kelistrikan tipe AC, Anda tidak perlu khawatir karena rangkaian ini bisa digunakan.

Pada motor yang menggunakan sumber listrik AC yaitu pada motor bebek dan matic. Rangkaian ini dapat digunakan untuk memindahkan sumber tegangan lampu yang awalnya dari sepul dipindahkan ke aki, jadi cara ini digunakan agar kelistrikannya bisa menjadi tipe DC. Perlu Anda ketahui juga jika ingin mengaplikasikan rangkaian ini pada kelistrikan tipe AC maka Anda harus memutus kabel output kiprok yang tadinya dihubungkan ke lampu bisa Anda pindahkan ke kabel yang terhubung ke kunci kontak.

Jadi dengan begitu ketika kunci dinyalakan ke power on, sebelum mesin nyala lampu depan motor Anda sudah menyala terang.

  • Cara pasang relay 4 kaki untuk lampu motor

Informasi selanjutnya tentang skema pemasangan dengan relay yang digunakan berjumlah 4 kaki. Seperti yang diketahui, kode yang ada pada relay terdiri dari angka 30, 85, 86 dan 87. Pada skema relay informasi sebelumnya letak kaki relay ini dapat digambarkan bebas tergantung dari jenis motornya.

Nah jika Anda ingin memasang relay 4 kaki, untuk motor dengan kelistrikan tipe AC Anda bisa memasangkan kaki 85 ke kontak kunci lalu kaki 86 dihubungkan ke massa atau ke muatan negatif dari aki.

Selanjutnya kaki 30 dihubungkan muatan positif aki atau ke kontak kunci dan yang terakhir untuk kaki 87 bisa dihubungkan ke input saklar lampu jauh-dekat. Itulah beberapa informasi skema maupun pemasangan dari relay untuk lampu depan motor.

Artikel Terkait :

Pengertian dan Fungsi Relay

Pengertian dan Fungsi Relay

Relay adalah sebuah komponen listrik yang memiliki dua bagian diantaranya kumparan dan juga poin. Fungsinya sendiri, relay digunakan untuk mengendalikan maupun mengalirkan sumber arus listrik ke komponen yang diinginkan seperti lampu depan motor atau klakson. Jadi prinsip kerjanya itu sendiri, komponen yang satu ini dapat membuka maupun menutup suatu rangkaian listrik selain itu juga bisa mengubah listrik kecil yang tadinya digunakan diubah menjadi arus yang lebih besar.

Relay ini dapat digunakan untuk menambah terangnya lampu depan motor. Nah untuk kelebihan dari relay itu sendiri, lampu akan tetap menyala dengan terang walaupun putaran mesin tersebut rendah. Kemudian jika Anda menggunakan tipe lampu bohlam, Anda bisa menggunakan lampu yang memiliki daya lebih besar dibanding dengan lampu standarnya. Itulah beberapa informasi mengenai relay yang digunakan pada kendaraan bermotor.


Bagikan!

Leave a Comment