Perbedaan Engine dan Mesin Serta Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Banyak orang yang menganggap jika engine dan machine adalah dua hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Nah, jika Anda penasaran dengan perbedaan engine dan mesin yang dimaksud, simak ulasannya berikut!

Perbedaan Engine dan Mesin
Perbedaan Engine dan Mesin

Baca Juga : Jalur Kabel Spul ke CDI FIZ R

Perbedaan Engine dan Mesin

Berbeda halnya dengan engine, machine atau mesin merupakan alat untuk menghasilkan tenaga mekanik. Machine memiliki banyak bagian dengan fungsi yang berbeda namun tetap bekerja bersama menyelesaikan tugas tertentu. Dengan demikian, machine adalah peralatan yang sudah dirakit dan fungsi atau peruntukannya sudah terencana dan diinginkan.

Machine terdiri dari engine sebagai salah satu bagiannya. Hal inilah yang membuat machine dapat mengubah satu bentuk energi menjadi produk yang berbeda di dalamnya meski tidak terbatas pada bentuk lain dari kinerja energi tersebut.

Engine Adalah? Ini Jawabannya

Engine
Engine

Pada prinsipnya, engine (enjin/motor) merupakan perangkat atau peralatan yang digerakkan dengan tenaga dari perangkat atau peralatan itu sendiri. Engine sendiri merupakan bagian dari mesin yang berperan sebagai sumber tenaga. Sebagai contoh, pada motor, bensin-lah yang menjadi engine-nya.

Enjin pada tiap-tiap mesin merupakan bagian yang bergerak dan mengubah daya menjadi suatu gerakan. Dengan kata lain, engine merupakan suatu perangkat yang memang dijalankan untuk menggerakkan mesin itu sendiri. Bahkan, engin menjadi jantung dari suatu mesin karena tanpa adanya engine, sebuah mesin tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Artikel Lainnya :

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Perbedaan Mesin 2 Tak Dan 4 Tak
Perbedaan Mesin 2 Tak Dan 4 Tak

Setelah mengetahui perbedaan engine dan mesin secara umum, ada baiknya jika kita membahas mengenai salah satu aplikasi machine dan engine yang banyak digunakan, yakni mesin motor. Ada dua jenis mesin yang banyak dipakai pada motor, yakni 2 tak dan 4 tak.

Sejatinya, motor 2 tak lebih dahulu populer dan banyak dipakai secara luas. Meski demikian, keberadaan motor 4 tak saat ini juga sudah semakin marak dan bahkan lebih mudah ditemui di jalanan. Berikut 3 perbedaan mendasar antara mesin 2 tak dan 4 tak, terutama pada motor.

1. Konstruksi

Pada motor 2 tak, tidak ada mekanisme katup dalam konstruksi mesinnya tersebut, melainkan menggunakan katup hisap berupa katup harmonika. Bahkan, jenis motor ini juga tidak mempunyai rantai timing.

Berbeda dengan motor 4 yak yang mempunyai mekanisme katub dan terdiri dari rantai timing yang menggerakkan poros nok. Pada konstruksi pistonnya, ada keunikan tersendiri yakni menggunakan 3 ring piston.

2. Cara kerja

Untuk mendapatkan 1 kali tenaga, motor 2 tak membutuhkan 1 kali putaran poros engkol dan 2 kali gerakan naik turun piston. Dengan demikian, terdapat 2 kali langkah piston yang dilakukan hanya untuk mendapatkan 1 kali tenaga.

Berbeda dengan mesin motor 4 tak yang membutuhkan 2 kali putaran poros engkol untuk mendapatkan satu kali tenaga. Hal inilah yang kemudian membuat piston bergerak selama 4 kali.

3. Penggunaan oli pelumas

Motor 2 tak memerlukan 2 oli untuk melumasi bagian transmisi dan mesin dengan pemakaian yang berbeda, yakni oli samping untuk bagian mesin yang dicampur dengan bahan bakar. Berbeda dengan motor 4 tak yang umumnya membutuhkan satu jenis oli saja.

Ketahui :

Demikian beberapa perbedaan engine dan mesin yang cukup mendasar beserta informasi mengenai mesin 2 tak dan 4 tak. Pada dasarnya, semua perbedaan tersebut memang tidak banyak diketahui sehingga semoga informasi tersebut bisa semakin menambah wawasan Anda, ya!

Leave a Comment