Berapa Takaran Oli Mesin Potong Rumput 4 Tak Untuk 1 Liter Bensin ?

Teknologi mesin terus mengalami perkembangan, salah satunya pada mesin potong rumput, yang awalnya 2 tak, kini sudah tersedia jenis 4 tak. Lalu apa perbedaan keduanya? Dan bagaimana takaran oli mesin potong rumput 4 tak dan mesin potong rumput 2 tak?

Takaran Oli Mesin Potong Rumput 4 Tak

Kini memang sudah lebih banyak yang menggunakan mesin potong rumput 4 tak, karena memiliki banyak kelebihan, sehingga pekerjaan memotong rumput menjadi lebih efektif. Selain perbedaan pada takaran oli, ada beberapa perbedaan lain pada spesifikasinya.

Berapa Takaran Oli Mesin Potong Rumput 4 Tak?

Mesin potong rumput memang menggunakan oli mesin untuk pelumasnya, sedangkan yang jenis 2 tak tidak menggunakan oli mesin sebagai pelumasnya. Untuk oli mesin 4 tak, tiap 1 liter bensinnya, memerlukan 30-40 ml oli, kemudian tinggal anda kalikan saja dengan kapasitas mesin.

Karena kebutuhan bensin pada mesin 4 tak juga tergantung dengan spesifikasinya. Meskipun selisih kebutuhan bahan bakarnya tidak berbeda jauh, namun untuk efektifitas bahan bakar, oli, dan sistem kerja mesin, anda perlu menyesuaikan dengan spesifikasi dan jenis mesin.

Jika anda masih bertanya-tanya berapa takaran oli samping untuk 1 liter bensin? Pada mesin sejenis? Anda bisa menggunakan takaran 30-40 ml tersebut, tiap pemakaian 1 liter bensin, jadi tinggal dikalikan saja.

Apa Saja Perbedaan Mesin Potong Rumput 4 Tak dan 2 Tak?

Apa Saja Perbedaan Mesin Potong Rumput 4 Tak dan 2 Tak?

Karena mesin 4 tak merupakan pengembangan dari mesin 2 tak, maka ada beberapa perbedaan dari keduanya, mulai dari spesifikasi mesin, bahan bakar yang diperlukan, harga, hingga hasil kerja, biar lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini!

1. Sistem Kerja

Pada mesin potong rumput 2 tak, menggunakan sistem kerja dua langkah. Sedangkan mesin potong rumput 4 tak, menggunakan sistem kerja 4 langkah. Inilah yang mempengaruhi hasil kerjanya.

2. Spesifikasi Mesin

Jika mesin potong rumput 4 tak memiliki spesifikasi 35,8 CC, lalu berapa CC mesin potong rumput 2 tak? Untuk mesin 2 tak mencapai 52 CC. Semakin besar CC, maka akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk pengoperasiannya.

3. Suara dan Asap Knalpot

Suara pada mesin potong rumput 2 tak lebih kencang, daripada mesin 4 tak yang lebih halus. Untuk asap knalpot, mesin 2 tak mengeluarkan asap saat mesin dihidupkan, sedangkan pada mesin 4 tak, tidak mengeluarkan asap knalpot.

4. Bahan Bakar

Banyak orang bertanya, apa bahan bakar mesin potong rumput? Jawabannya adalah bensin. Pada mesin 2 tak, menggunakan campuran bensin dan oli. Sedangkan pada mesin potong rumput 4 tak, menggunakan bensin murni, olinya hanya untuk pelumas saja.

5. Cara Perawatan

Pada mesin potong rumput 2 tak, anda harus membersihkan bagian karburator dan filter udara, serta penggantian busi mesin secara berkala. Sedangkan pada mesin potong rumput 4 tak, anda hanya mengganti oli pelumas secara rutin, dan pembersihan filter udara.

6. Hasil Kerja

Karena spesifikasinya berbeda, maka hasil kerjanya pun akan berbeda. Hasil kerja mesin potong rumput lebih bersih, dalam waktu singkat. Sedangkan pada mesin potong rumput 2 tak, memerlukan waktu yang lebih lama agar rumput benar-benar bersih.

Ternyata ada banyak perbedaan antara mesin potong rumput 4 tak dan 2 tak, salah satunya pada takaran oli mesin potong rumput 4 tak, sedangkan mesin 2 tak ternyata tidak menggunakan oli pelumas. Lalu perbandingan CC dan kebutuhan bahan bakar juga bisa menjadi pertimbangan.

Leave a Comment