Jenis, Ukuran & Harga Mesin Fotocopy Terbaik

Ketika akan membuka usaha fotocopy, tentunya kamu perlu menyiapkan mesin fotocopy yang bagus. Kamu bisa memilih ukuran mesin fotocopy yang tepat untuk usaha. Secara umum, ada dua jenis mesin fotocopy yaitu mini dan reguler dengan dimensi mesin yang berbeda-beda.

Ukuran Mesin Fotocopy
Ukuran Mesin Fotocopy

 

Memilih mesin fotocopy dengan ukuran yang sesuai kebutuhan bisa menghindarkan kamu dari masalah pada masa mendatang.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Mesin Fotocopy Kyocera M2040DN

Mengenal Ukuran Mesin Fotocopy untuk Usaha Maupun Kantor

Supaya lebih jelas, simak ulasan lengkap mengenai mesin fotocopy berikut ini.

1. Apa saja ukuran mesin fotocopy yang perlu diketahui?

Ukuran mesin fotocopy yang perlu kamu ketahui yaitu ukuran mini dan ukuran standar. Masing-masing digunakan untuk kebutuhan yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Mesin fotocopy reguler atau standar merupakan mesin fotocopy yang ukurannya cukup besar dan membutuhkan space yang cukup luas dalam ruangan. Sedangkan mesin fotocopy mini memiliki ukuran yang lebih compact sehingga tidak memakan banyak ruang.

2. Jenis Mesin Fotocopy Mini

Jenis mesin fotocopy mini memiliki desain yang ringkas. Jika kamu belum bisa membedakannya dengan yang reguler, mesin fotocopy mini memiliki beberapa kriteria berikut.

  • Dimensi mesin fotocopy

Umumnya untuk mesin fotocopy mini memiliki ukuran sekitar 515 x 500 x 521 mm. Ada juga mesin fotocopy dengan dimensi yang lebih kecil lagi.

  • Kegunaan

Cocok untuk penggunaan mesin fotocopy kantor, mesin fotocopy rumah, atau mesin fotocopy tambahan di tempat usaha.

  • Keunggulan

Mesin fotocopy mini menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki mesin fotocopy reguler. Desain lebih ringkas sehingga tidak akan memakan banyak tempat.

Pada mesin fotocopy modern sudah dilengkapi fungsi scan dan print. Mendukung konektivitas dengan beragam aplikasi untuk pengalaman menggunakan mesin fotocopy yang lebih baik.

  • Kekurangan

Beberapa mesin fotocopy mini mungkin menawarkan kecepatan cetak yang cukup bagus. Namun mesin fotocopy ini kurang cocok untuk digunakan sebagai mesin fotocopy usaha.

Jenis Mesin Fotocopy Reguler

Jenis Mesin Fotocopy Reguler
Jenis Mesin Fotocopy Reguler

 

Mesin fotocopy terbaik untuk usaha adalah mesin fotocopy standar atau reguler. Mesin fotocopy ini mungkin sudah sangat sering kamu lihat di tempat-tempat fotocopy.

  • Dimensi mesin fotocopy

Mesin fotocopy reguler memiliki dimensi sekitar 1192 x 643 x 743 mm. Namun ada juga yang lebih besar tergantung dari tipe mesin fotocopy.

  • Kegunaan

Jenis mesin fotocopy reguler ini cocok untuk digunakan di tempat usaha fotocopy, koperasi sekolah, dan perkantoran besar yang membutuhkan mesin fotocopy dengan performa lebih baik.

  • Keunggulan

Sebanding dengan ukurannya yang lebih besar dari mesin fotocopy mini. Mesin fotocopy reguler memiliki performa yang lebih unggul untuk kebutuhan fotocopy yang lebih banyak dan terus menerus. Mesin dapat dipakai tanpa khawatir cepat rusak karena komponen mesin fotocopy reguler biasanya lebih tahan lama atau awet.

  • Kekurangan

Mesin fotocopy reguler memiliki ukuran yang besar sehingga bisa menjadi masalah jika kamu tidak menyiapkan tempat dengan baik. Selain itu, harga komponen pada mesin fotocopy standar juga lebih mahal.

Rekomendasi Mesin Fotocopy dan Harganya

Harga mesin fotocopy bervariasi tergantung tipe dan ukurannya. Bagi kamu yang sedang membutuhkan mesin fotocopy, berikut beberapa rekomendasi mesin fotocopy yang bagus dengan harganya.

Mesin fotocopy mini

Mesin fotocopy mini
Mesin fotocopy mini
  • Epson EcoTank L6550 – Rp 13.700.000

Mesin fotocopy mini yang serbaguna, Epson EcoTank L6550 juga dilengkapi dengan fitur konektivitas. Perangkat ini dapat disambungkan melalui WIFI maupun kabel LAN.

  • Epson EcoTank L15180 STD – Rp 18.800.000

Termasuk mesin fotocopy mini, namun kinerja Epson EcoTank L15180 STD menawarkan hasil fotocopy yang baik. Mesin fotocopy ini juga memiliki fungsi print dengan kemampuan cetak hingga A3 dengan resolusi mencapai 4800 x 1200 dpi.

Mesin fotocopy reguler

  • Canon IR 2625i DADF – Rp 49.500.000

Mesin ini mampu mencetak hingga 25 ppm dengan kapasitas kertas yang besar yaitu 2300 lembar. Juga memiliki fungsi fax, scan color, dan print B/W.

  • Canon IR 6570 DADF – RP 25.000.000

Menawarkan output fotocopy hitam putih hingga 65 ppm dengan fitur DADF dan duplex. Canon IR 6570 DADF bisa menjadi andalan untuk usaha fotocopy dengan efisiensi dan kecepatan yang cukup baik.

Ukuran mesin fotocopy hanya ada dua yaitu ukuran mini dan standar. Namun dimensi pastinya berbeda-beda tergantung tipe mesin fotocopy. Jadi buat kamu yang akan membeli mesin fotocopy, sebaiknya ketahui dulu ukurannya.

Leave a Comment