Rangkaian Wiring Diagram Relay AC Mobil

Komponen AC pada sebuah mobil itu memang cukup penting dan wiring diagram AC mobil sendiri memang harus dipahami dengan baik. Dengan memahami wiring diagram AC Mobil Panther, tentunya akan membantu sekali ketika terjadi kerusakan. Apabila orang sudah memahami wiring atau rangkaian kelistrikan dari AC mobil, maka akan tahu bila terjadi kerusakan harus bagaimana.

Wiring Diagram Ac Mobil

Informasi diagram AC mobil sendiri saat ini memang sudah banyak tersedia di internet, karena banyak sekali orang yang membutuhkan. Bila terjadi masalah pada AC mobil kalian, maka kalian akan bisa melakukan pemeriksaan dan langsung bisa tahu komponen apa yang mungkin bermasalah. Berikut kami akan jelaskan seperti apa rangkaian relay AC mobil dan juga apa sih fungsi dari mengerti rangkaian kelistrikan untuk AC tersebut.

Baca Juga : Skema Voltage Stabilizer Mobil

Jenis Wiring Diagram AC Mobil

Pada kelistrikan AC di mobil itu memang terdiri dari 2 jenis rangkaian kelistrikan yang mungkin harus kalian ketahui dan pahami. Kedua jenis rangkaian itu mungkin berbeda, jadi kalian tahu apa yang harus diperbaiki apabila terjadi kerusakan pada bagian tertentu. Berikut ini kami akan coba jelaskan kedua jenis dari rangkaian kelistrikan AC yang ada di dalam mobil itu seperti apa.

1. Rangkaian Thermostat

Rangkaian Thermostat

Rangkaian ini memiliki tujuan untuk membuat suhu di dalam mobil itu tetap stabil dengan menghubungkan dan memutus arus listrik. Ketika ruang kabin panas, maka Thermostat akan menghubungkan arus listrik ke kopling magnet supaya kompresor bekerja memompa freon. Sementara ketika ruangan dingin maka arus listrik itu akan diputus dan kemudian kompresor pun akan berhenti bekerja.

Rangkaian dari Thermostat ini adalah Baterai ke Switch Kontak, ke Switch AC, Thermostat, Relay, kompresor dan terakhir Massa.

2. Rangkaian Blower

Rangkaian Blower

Rangkaian ini memiliki fungsi untuk mengontrol kecepatan putaran blower pada AC dengan menggunakan Switch AC. Jadi pilihan untuk Switch AC untuk mengatur putaran blower itu adalah Low, Medium, dan juga High. Pengendara pun jadi bisa menyesuaikan dengan kondisi dan juga selera apakah suka yang dingin atau yang sedang.

Urutan dari rangkaian blower itu adalah Baterai ke Switch kontak lalu ke Switch AC, Setelah itu ke resistor kemudian ke blower dan jadilah Massa.

Artikel Lainnya :

Cara Mencari Wiring Diagram AC Mobil Panther

Banyak orang yang mencari wiring atau rangkaian kelistrikan AC dari mobil termasuk mobil Panther yang cukup populer ya. Cara untuk mencari rangkaian tersebut sebenarnya pun juga mudah ya, kalian sudah memiliki cukup banyak pilihan yang tersedia. Berikut ini beberapa pilihan cara yang mungkin bisa kalian pakai untuk mencari rangkaian kelistrikan untuk AC di mobil ini.

  1. Cara yang pertama adalah menggunakan mesin pencari Google, ini adalah cara yang paling mudah untuk digunakan. Kalian tinggal tuliskan saja kata kuncinya dan kemudian kalian akan bisa menemukan rangkaian kelistrikan yang kalian butuhkan itu. Biasanya akan ada gambar dan juga penjelasannya.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan video tutorial yang banyak sekali tersedia di Youtube pada masa sekarang ini. Kalian bisa mendapatkan gambaran mengenai liangkah dan juga bagaimana cara untuk mengerjakannya apabila terjadi eror juga. Gambarnya pun jelas dan mungkin akan sesuai dengan gambar dari mobil yang kalian gunakan.

Fungsi Mengerti Wiring Diagram AC Mobil

Salah satu fungsi dari rangkaian AC pada mobil adalah untuk bisa membantu mengetahui komponen yang rusak ketika AC bermasalah. Wiring diagram ini akan memudahkan para mekanik untuk memperbaiki komponen dalam rangkaian AC yang bermasalah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment