Cara Menghidupkan & Menggunakan Mesin Potong Rumput

Berencana untuk  membersihkan halaman rumah, tetapi masih bingung dengan bagaimana cara menghidupkan mesin potong rumput? Kabar baiknya, kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menghidupkan hingga cara menggunakannya. Oleh karenanya, baca hingga akhir agar bisa mengoperasikan mesin dengan baik!

Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput

Baca Juga : Takaran Oli Mesin Potong Rumput 4 Tak

Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput

Merawat rumput yang terus tumbuh memanjang di halaman rumah adalah salah satu pekerjaan cukup melelahkan. Ini dikarenakan rumput liar memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga Anda harus sering memotongnya.

Menggunakan cara manual pasti akan sangat melelahkan apalagi jika halamannya cukup luas. Maka dari itu, terciptalah mesin potong rumput yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Namun, ada banyak orang yang belum memahami bagaimana cara menghidupkan mesin ini.

Jika Anda juga termasuk orang tersebut, berikut kami sajikan cara mudah untuk menghidupkannya, yaitu:

  • Pahami Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Pertama, ketahui terlebih dahulu apakah mesin potong rumput tersebut 2 tak atau 4 tak. Ini dikarenakan keduanya berbeda termasuk bagaimana cara untuk  menghidupkan.

  • Periksa Bahan Bakar

Selanjutnya, pastikan bahan bakar sudah terisi dengan baik. Anda bisa mengisinya dengan bahan bakar bensin campur atau perpaduan antara 1 liter bensin dan 3 tutup botol oli untuk mesin 2 tak.

Sementara mesin 4 tak harus menggunakan bahan bakar bensin murni dan oli yang dituangkan ke dalam mesin. Jadi, antara bensin dan oli mempunyai lubang yang berbeda.

  • Buka Katup atau Pompa Bensin

Anda perlu membuka katup bensin agar bisa  mengalir ke karburator untuk mesin 2 tak. Biasanya katup ini berada di bawah tangki atau samping karburator.

Sementara pada mesin 4 tak, Anda perlu memompa bensin hingga ruang pompa terisi penuh oleh bensin. Pompa ini biasanya berada di bawah karburator.

  • Tarik Recoil Starter

Angkat tangkai choke karburator dan tarik recoil starter secara perlahan hingga terasa ada tekanan, kemudian tarik dengan kuat hingga mesin berhasil hidup. Jika sudah, turunkan kembali tangkai choke ke posisi sebelumnya.

Cara untuk mematikannya adalah gunakan tombol stoper atau off pada gagang baling-baling.

Cara Menggunakan Mesin Potong Rumput

Cara Menggunakan Mesin Potong Rumput

Setelah mengetahui bagaimana cara menghidupkannya, kemudian Anda perlu memahami bagaimana cara untuk menggunakannya agar bisa membersihkan halaman rumah dengan sempurna. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan mesin potong rumput gendong, antara lain:

  • Isi Bahan Bakar

Ketika akan menggunakan mesin ini, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah sudah terisi bahan bakar yang cukup atau belum. Jika masih belum, maka segeralah isi dengan memperhatikan poin mengenai bahan bakar sebelumnya.

  • Pasang Mata Potong

Kemudian, pasang mata potong yang sebelumnya sudah diasah. Cara memasangnya adalah lepaskan baut tempat dudukan mata potong, lalu tempatkan mata potong yang sesuai pada lubang dan pastikan jangan sampai bergeser. Kencangkan baut dengan benar agar mata potong tidak lepas.

  • Hidupkan Mesin

Jika sudah siap, hidupkan mesin dengan menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu angkat tangkai choke dan tarik recoil starter nya.

  • Arahkan Mata Potong

Terakhir, Anda hanya perlu mengarahkan mata potong pada rumput yang ingin dipotong. Setelah itu, tekan tuas gas dan mesin pun siap untuk bekerja.

Ada banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara menghidupkan mesin potong rumput terutama bagi pemula atau baru saja membelinya. Menghidupkan mesin 2 tak dan 4 tak terdapat beberapa perbedaan. Maka dari itu, kenali mesin Anda terlebih dahulu atau baca buku petunjuknya jika disediakan.

Leave a Comment