Cara Menyetel Otomatis Pompa Air On Terus

All-Rotor.com — Otomatis pompa air nyala terus tidak mau mati merupakan masalah yang cukup sering terjadi. Memiliki sistem otomatis, jika semua kran ditutup tentu pompa otomatis mati. Namun bagaimana jika otomatis pompa air on terus? Tentu hal ini sangat mengganggu apalagi fungsi pompa air berhubungan erat dengan kebutuhan MCK dan memasak dalam rumah tangga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada otomatis pompa air.

Otomatis Pompa Air On Terus
Otomatis Pompa Air On Terus

Baca Dulu : Cara Memperbaiki Otomatis Pompa Air yang Bunyi Terus

Otomatis Pompa Air On Terus? Begini Cara Mengatasinya

Biasanya permasalahan otomatis pompa air dapat diatasi dengan penyetelan ulang. Namun sebelumnya, perlu dicari dulu penyebab dari masalah tersebut.

Lakukan Troubleshooting

Langkah pertama ketika pompa air tidak mau mati atau mati-nyala terus menerus adalah menutup stop kran terdekat dengan pompa. Tetapi, beberapa instalasi pipa tidak memiliki stop kran. Jadi pastikan saat kamu hendak memasang pompa, pasang juga stop kran. Fungsi stop adalah memudahkan troubleshooting atau mencari penyebab kenapa otomatis pompa nyala terus.

Jika setelah stop kran ditutup, pompa masih mati-nyala terus menerus atau mengeluarkan bunyi cetak cetek, pasti ada kebocoran pada bagian check valve. Biasanya lubang penghisap pada pompa otomatis sudah dilengkapi dengan check valve yang merupakan komponen bawaan pabrik.

Pada banyak kasus, penyebab pompa air mati-nyala adalah check valve yang tidak bisa menutup rapat. Penyebabnya biasanya karena kotor. Bersihkan komponen ini dan pasang kembali. Jika penyebabnya karena check valve kotor dan sudah dibersihkan, pompa akan bekerja normal kembali.

Jika sudah melakukan cara tersebut, tapi pompa air masih tidak mau mati, berarti harus dilakukan setel ulang otomatis pompa. Berikut ini cara melakukannya dengan benar.

Artikel Terkait :

Cara Menyetel Otomatis Pompa Air

Cara Menyetel Otomatis Pompa Air
Cara Menyetel Otomatis Pompa Air

 

Otomatis pompa air memiliki pegas pengontrol tekanan air berupa pir. Cara kerja komponen ini adalah bergerak mengikuti tekanan air yang akan melepas atau menekan saklar otomatis. Inilah yang membuat mesin pompa air dapat menyala dan berhenti sendiri secara otomatis. Bagian inilah yang harus disetel ulang ketika tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelum melakukan setting, persiapkan obeng terlebih dahulu.  Alat ini digunakan untuk mengatur baut pengontrol tekanan pada bagian atas otomatis pompa air. Pertama, buka cover atau penutup otomatis pompa air. Di samping cover, biasanya ada baut kecil. Buka baut tersebut lalu kamu akan melihat baut pengontrol dengan simbol arah (+) dan (-).

Jika baut diputar ke arah (-), tekanan pir akan menjadi lemah. Sebaliknya, memutar baut ke arah (+) membuat tekanan pir menguat. Jika otomatis pompa air terus menyala atau berbunyi cetak cetek saat dinyalakan, berarti tekanan harus diperkuat. Maka putar baut ke arah (+) hingga bunyi cetak cetek hilang. Dengan begitu, tekanan pir akan menguat dan saklar otomatis dapat ditekan dengan sempurna.

Sebaliknya, mesin pompa air yang tidak mau hidup ketika dinyalakan mengindikasikan bahwa tekanan pir terlalu kuat. Cara mengatasinya adalah memutar baut pengontrol ke arah (-) untuk mengurangi tekanan pir. Penyetelan dapat dilakukan berulang-ulang hingga mendapat hasil yang diinginkan atau hingga mesin pompa air kembali berfungsi normal.

Ketahui :

Itulah langkah-langkah melakukan setel ulang otomatis pompa air. Jadi saat otomatis pompa air on terus, jangan langsung mengganti atau membeli otomatis baru. Otomatis tersebut hanya perlu disetel ulang agar bekerja kembali seperti semula. Tetapi jika kerusakan sudah parah, barulah otomatis tersebut harus diganti dengan yang baru.

Leave a Comment