Skema Mesin Las IGBT & Rhino 900 Watt

Mesin las listrik menjadi sebuah alat yang biasa dipergunakan untuk menyambungkan bahan material dalam industri tembaga, baja. dan lainnya. Energi panas yang dihasilkan dari mesin las dapat melelehkan bahan material tersebut sehingga bisa disambungkan. Mesin las dapat menguatkan material, sehingga hasil sambungannya pun tahan lama.

skema mesin las

Jenis mesin las listrik merupakan mesin las yang proses penggunaannya tidak memerlukan bahan bakar karena sudah menggunakan tenaga listrik. Mesin las listrik juga cenderung lebih kecil dari segi ukurannya dan mudah digunakan. Hanya saja, arus listrik yang digunakan juga terbilang cukup besar. Jadi, jika ingin menggunakan mesin las listrik, tegangan listriknya pun harus aman.

Skema las dengan jenis MPV saat ini sudah mendominasi pasar Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya jumlah penjualan dari setiap tahunnya. Banyak orang yang memilih skema mesin las ini karena dianggap dapat memperbaiki lebih banyak. Jika dilihat dari kabinnya yang besar sekaligus bentuknya yang modern.

Untuk bisa membuat rangkaian las listrik sendiri memang cukup sulit, Anda harus memahami skema rangkaian yang Anda buat sendiri agar tidak terjadi kebingungan. Saat ini, banyak orang yang ingin merakit sendiri mesin las DC dengan menggunakan aki motor ataupun trafo kecil.

Hanya saja, dibutuhkan keterampilan dan kemampuan khusus jika Anda ingin membuat skema mesin las IGBT rakitan sendiri. Alasannya adalah karena Anda harus menyesuaikan dengan komponen yang nantinya akan dibutuhkan.

Sebenarnya, ada banyak pilihan skema las yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Jadi, Anda bisa merangkai sendiri mesin listrik yang jauh lebih simpel dan tidak memakan biaya banyak.

Skema Mesin Las Listrik Rangkaian Sendiri

1.     Mesin Las IGBT

IGBT merupakan singkatan dari insulated gate bipolar translator. IGBT ini memiliki impedansi input yang cukup tinggi, sehingga tidak membebani rangkaian drivernya. Sementara di sisi outputnya IGBT tahan dengan tegangan gate igbt mesin las yang sangat besar. Hal ini yang menyebabkan arus bocor cukup kecil.

skema mesin las igbt
Skema mesin las IGBT

IGBT juga memiliki frekuensi kecepatan yang jauh lebih tinggi dari transistor yang lainnya. Maka dari itu, IGBT jarang digunakan dalam alat penggerak motor dengan arus besar dan tegangan yang tinggi.

Ketika mesin las mengeluarkan api namun tidak digunakan, maka tahanan listrik akan menjadi besar dan bisa menahan besarnya arus listrik, sehingga pengeluaran listrik PLN menjadi kecil. Dan saat mesin las digunakan, tahanan listrik akan mengecil dan konsumsi listriknya membesar.

Meskipun untuk ukuran IGBT ini lebih kecil, tetapi dapat mengkonversi listrik yang rendah menjadi besar.

2.     Mesin Las Rhino

Skema mesin las rhino ini dapat beroperasi dengan rentang arus 900 watt hingga 1300 watt. Biasanya, arus yang tinggi berbanding lurus dengan hasil las yang rapi. Lebih dari itu, adanya dukungan arus yang tinggi juga dapat memungkinkan Ada untuk mengelas dengan ampere yang tinggi hingga 160A.

Mesin las yang satu ini adalah tipe mesin las inverter.  Umumnya, skema mesin las rhino 900 watt ini memiliki bentuk balok dan cenderung lebih kecil dari mesin las lainnya. Spesifikasi penggunaan listriknya hanya sekitar 900 watt dan dapat dengan mudah dipindahkan ke output listrik hingga 20.

Penjelasan Tentang Mesin Las Listrik

Ada beberapa komponen penting untuk mendukung kinerja optimal dari sebuah mesin las. Beberapa komponen bagian perlu dipenuhi seperti IC 555 dan IC 7809, yang menjadi bagian penting pada rangkaian.

Tidak hanya itu, ada beberapa NPN yang dirangkai secara paralel agar arus cukup besar untuk disebarkan  ke mesin, sehingga mesin dapat bekerja secara maksimal. Terdapat pula penggunaan lilitan serta ferit yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Anda mungkin saja memiliki perkiraan sendiri untuk membuat rangkaian skema mesin las untuk dapat digunakan dengan baik. Dengan begitu, diharapkan dengan adanya bahan dan komponen tersebut mampu menghasilkan skema dan rangkaian yang menarik.

Baca Dulu: Mesin Las Protek Pada Saat Mengelas

Meskipun pada akhirnya Anda bisa membuat rangkaian mesin sendiri sesuai kebutuhan, akan tetapi bisa saja itu belum tentu cocok dengan kebutuhan.

Leave a Comment