Skema Jalur & Warna Kabel CDI FIZ R

CDI adalah komponen penting dalam sistem pengapian motor. Agar motor bisa menyala, CDI harus berfungsi dengan baik. Jika kamu memperhatikan skema CDI FIZ R, kamu akan melihat beberapa kabel penghubung jalur spul dengan warna berbeda-beda. Setiap warna kabel CDI FIZ R memiliki fungsinya sendiri dalam jalur kelistrikan motor FIZ R baik itu kelistrikan tipe DC atau AC.

Warna Kabel CDI FIZ R
Warna Kabel CDI FIZ R

 

Baca Dulu : Jalur Kabel Spul ke CDI FIZ R

Warna Kabel CDI FIZ R dan Fungsinya

Semua pengendara sepeda motor sebaiknya mengetahui cara kerja sistem pengapian yang pada kendaraannya. Berikut ini adalah jalur kabel spul FIZ R pada sistem pengapian motor FIZ R. Dalam jalur tersebut, terdapat beberapa warna kabel spul FIZ R sebagai berikut.

Skema Jalur Kabel Spul ke CDI FIZ R

Ada tujuh warna kabel berbeda yang ada di CDI motor FIZ R. Mari kita bahas masing-masing kabel tersebut. Warna kabel pertama adalah oranye. Kabel ini dihubungkan ke koil. Fungsi dari ignition coil adalah menaikkan tegangan rendah ke tegangan sangat tinggi (12 volt ke 10.000 volt bahkan lebih) guna menghasilkan loncatan bunga api pada busi motor. Di dalam ruang bakar, terdapat koil primer dan sekunder.

Selanjutnya, ada kabel berwarna hitam yang digunakan untuk menghubungkan dengan ground. Kabel grounding ini menyambungkan kutub negatif aki ke rangka logam dan bodi mesin sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Selain itu, ada kabel hijau-putih yang berfungsi sama seperti kabel hitam tadi yaitu sebagai kabel grounding. Kabel lain yang juga digunakan untuk menghubungkan dengan ground adalah kabel berwarna putih-merah.

Sementara itu kabel hitam-merah berfungsi sebagai input tegangan AC dari spul. Ada juga kabel warna hitam-putih. Fungsinya adalah menghubungkan dengan kunci kontak. Dengan kata lain, kabel ini menyambung dan memutus arus listrik ke mesin motor.

Selanjutnya ada kabel warna putih-biru. Kabel dengan warna ini digunakan untuk menghubungkan ke pulser. Warna kabel pulser FIZ R sebenarnya lebih condong ke putih-biru kehijauan. Pada motor, pulser berfungsi menentukan timing aliran listrik atau kapan listrik harus dialirkan. Dengan kata lain, pulser dapat mendeteksi posisi piston pada kendaraan bermotor.

Artikel Terkait :

Jalur Kelistrikan pada Motor FIZ R

Jalur Kelistrikan pada Motor FIZ R
Jalur Kelistrikan pada Motor FIZ R

 

Kabel dengan warna berbeda-beda tadi erat kaitannya dengan berbagai jalur atau sistem yang digunakan. Terdapat 3 jalur kelistrikan yang bekerja pada motor seperti dijelaskan berikut ini.

  • Jalur untuk Pengapian/Pembakaran

Jalur pengapian berfungsi sebagai pembakaran atau pengaliran arus listrik menuju busi di ruang bakar. Jalur ini menggunakan tipe AC untuk motor yang menggunakan karburator dan DC untuk motor injeksi. Pembakaran dimulai dari spul menuju ke CDI kemudian ke koil dan berujung ke busi.

  • Jalur Untuk Penerangan

Jalur kelistrikan yang kedua adalah jalur untuk penerangan atau jalur yang berhubungan dengan lampu motor. Seperti pada jalur pembakaran/pengapian, jalur penerangan juga terdiri dari AC dan DC. Keduanya digunakan pada lampu depan maupun lampu belakang.

Motor Yamaha FIZ R keluaran baru sudah tidak menggunakan jenis AC untuk lampu utama dan lampu senja, melainkan jenis DC di mana lampunya sudah menyesuaikan jumlah tegangan dari aki. Sementara itu, aliran listrik DC juga digunakan pada lampu sein dan lampu rem.

  • Jalur untuk Pengisian

Jalur kelistrikan selanjutnya adalah jalur kelistrikan untuk pengisian terutama untuk pengisian baterai atau aki agar tidak cepat tekor. Jalur ini dimulai dari spul menuju ke regulator. Kemudian jalur dipecah menjadi dua apakah akan disimpan di aki atau diteruskan ke lampu.

Ketahui :

Dengan mengetahui ketiga jalur kelistrikan pada motor tersebut serta warna kabel CDI FIZ R pada semua, kamu dapat lebih mudah memperbaiki motor apabila nantinya ada komponen yang bermasalah atau rusak. Secara lebih detailnya, kamu sudah tahu mana kabel yang harus diperbaiki sehingga perbaikan bisa dilakukan lebih cepat. Perlu dicatat bahwa panduan warna dan fungsi kabel di atas tidak bisa dijadikan acuan untuk motor selain FIZ R karena setiap merek motor memiliki warna dan fungsi kabel berbeda pada jalur pengapian, pengisian, dan penerangannya.

Leave a Comment