1 Liter Bahan Bakar Bensin Berapa Jam Genset Menyala?

Berapa lama genset menyala? Masih ada beberapa orang yang mempertanyakan tentang hal ini. Tidak hanya itu, ada juga beberapa orang yang bertanya-tanya tentang 1 liter bensin berapa jam genset? Biasanya, orang-orang yang masih baru menggunakan genset yang akan menanyakan tentang hal ini. Sebab, mereka tidak tahu bagaimana cara menghitung kalkulasi genset berdasarkan bahan bakar genset itu sendiri. Untuk membantu banyak orang yang sedang membutuhkan informasi tentang hal ini, di sini kami akan membagikan penjelasannya lengkap.

1 Liter Bensin Berapa Jam Genset

Baca Juga : Harga Sewa Genset

Jadi, 1 liter bensin berapa jam genset?

Umumnya, beberapa pabrikan akan mencantumkan konsumsi bahan bakar per jam untuk output daya tertentu yang disediakannya. Sebagai contoh, ketika suatu genset mengonsumsi 6,5 liter solar per jamnya, maka idealnya mesin ini akan bekerja pada daya 25 kva. Namun, penting untuk kamu ketahui bahwa tidak semua pabrikan akan mencantumkan informasi tentang hal ini secara jelas kepada para pelanggannya.

Jadi, setiap pemilik genset perlu mengetahui sendiri bagaimana cara yang tepat untuk menghitung kalkulasi genset tersebut. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah cara yang tepat untuk menghitung kalkulasi genset:

1. Bahan bakar bensin

Cara menghitung genset yang menggunakan bahan bakar bensin akan berbeda dengan cara menghitung genset yang menggunakan bahan bakar solar. Pada dasarnya, sudah ada banyak genset yang menggunakan bahan bakar bensin, sehingga mungkin kamu salah satu dari para penggunanya. Untuk kamu yang memiliki genset jenis ini dan ingin menghitung kalkulasinya yang ideal, perhatikan contoh yang ada di bawah ini:

Generator penggerak motor bensin: 250 x 10 x 24 = 60000 g/hari = 60 kg/hari

Jika berat jenis bahan bakar bensin itu sendiri adalah 0,745 kg/liter, maka satuan liternya adalah 60/0,745 = 80,54 liter per hari.

2. Bahan bakar solar

Berbeda dengan genset solar, untuk genset bensin akan memiliki metode perhitungannya sendiri. Untuk memahaminya secara lebih jelas lagi, berikut kami berikan contohnya:

Generator penggerak motor solar: 194 x 10 x 24 = 46.560 g/hari = 46,56 kg/hari

Jika berat jenis bahan bakar solar itu sendiri adalah 0,832 kg/liter, maka satuan liternya adalah 46,56/0,832 = 55,96 liter per hari.

Berapa lama genset menyala dalam sehari?

Berapa lama genset menyala dalam sehari?

Selain pertanyaan yang ada di atas, orang-orang juga sering mempertanyakan tentang berapa lama genset bisa menyala dalam seharinya. Pada dasarnya, setiap jenis genset akan memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut informasi lebih lengkapnya:

1. Genset daya besar

Rata-rata genset jenis ini akan memiliki daya 100 kva dan tangki bahan bakar yang sebesar 120 liter dengan konsumsi sebanyak 22 liter per jam. Dengan begitu, rata-rata genset jenis ini dapat beroperasi selama 5-6 jam.

2. Genset inverter

Berbeda dengan jenis genset yang sebelumnya, untuk genset inverter sendiri dapat menyala hingga 8 jam. Sebab, genset jenis ini akan didukung dengan daya yang sebesar 4,5 kva dan tangki bahan bakar yang sebesar 10 liter. Nantinya, jenis genset ini bisa mengonsumsi bahan bakar hingga sebanyak 1,8 liter per jam.

3. Genset type open

Untuk genset type open akan didukung dengan daya yang sebesar 40 kva serta tangki bahan bakar yang sebesar 104 liter, dengan konsumsi bahan bakar 12 liter per jam. Dengan melihat informasi tersebut, dapat dipastikan bahwa genset type open dapat beroperasi hingga 8 jam.

Ketahui : Cara Pasang AVR Genset 3 Phase

Itulah rumus yang tepat untuk menghitung kalkulasi genset berdasarkan jenis-jenisnya. Ikuti rumus yang ada di atas, maka kamu akan tahu 1 liter bensin berapa jam genset.

Leave a Comment