Konsumsi BBM Alat Berat Excavator Kobelco SK200 Per Jam

Mengetahui secara pasti berapa konsumsi BBM alat berat per jam sangat penting untuk mencegah pemborosan pemakaian bahan bakar. Jika hal tersebut tidak terpantau, kamu tidak akan bisa memastikan berapa banyak kebutuhan solar industri untuk setiap proyek. Padahal kita tahu bahwa harga solar industri lebih mahal daripada solar subsidi. Sayangnya, informasi atau tabel konsumsi BBM alat berat tidak terdapat pada manual book.

Konsumsi Bbm Alat Berat Per Jam

Baca Juga : Scraper Alat Berat

Konsumsi Bahan Bakar Excavator Per Jam

Suatu pekerjaan konstruksi pasti membutuhkan excavator dan alat berat lainnya untuk membantu kelancaran proyek tersebut. Tanpa excavator, proyek konstruksi pasti mengalami kendala terutama dalam hal distribusi material bangunan dan pengolahan lahan proyek. Dalam hal penggunaan excavator, biaya operasi seperti biaya pemeliharaan alat berat dan konsumsi BBM perlu diperhatikan agar pengeluaran lebih efektif dan efisien.

Konsumsi BBM Excavator PC 300

Salah satu alat berat yang paling sering digunakan adalah excavator. Sebagai alat berat berukuran besar, tentu penggunaan mesin excavacator membutuhkan biaya cukup banyak untuk bahan bakar. Berbeda dengan mobil yang umumnya menggunakan bensin, excavator menggunakan solar karena memggunakan mesin diesel.  Bahan bakar solar dibutuhkan untuk menjalankan mesin, menggerakkan bucket, dan sebagainya.

Excavator PC 300 termasuk alat berat populer yang sering dipakai di banyak proyek. Alat ini dibekali dengan mesin diesel sehingga membutuhkan bahan bakar solar agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Solar adalah bahan bakar turunan minyak bumi yang diolah lagi dengan cara diberi tekanan pada suhu tinggi.

Kelebihan mesin diesel adalah lebih efisien dan irit BBM. Mesin diesel pada excavator dan alat berat lainnya membakar solar lebih sempurna di ruang bakar karena menggunakan kompresi sangat tinggi. Selain menghasilkan performa lebih baik, mesin diesel lebih irit bahan bakar.

Solar memang cocok untuk mesin diesel karena mesin diesel membutuhkan BBM dengan titik nyala lebih tinggi daripada bensin. Hal ini ada hubungannya dengan kompresi mesin diesel. Karena itu kendaraan dengan mesin diesel tidak boleh diisi dengan bahan bakar lain selain minyak jika tidak mau ritme kerja mesin menjadi kacau.

Lalu berapakah konsumsi bahan bakar alat berat excavator per jam? Dalam kondisi alat berat masih bagus, rata-rata alat berat ini menghabiskan 17 – 20 liter untuk 1 jam pengoperasian. Dari sini, kamu bisa memperkirakan berapa total solar yang dibutuhkan untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu.

Artikel Terkait : Cooling System Alat Berat

Konsumsi BBM Excavator Kobelco SK 200

Konsumsi BBM Excavator Kobelco SK 200

Selain PC 300, excavator lain yang sering digunakan adalah excavator Kobelco SK 200. Sama halnya dengan PC 300, SK 200 cukup irit dalam hal konsumsi BBM. Excavator tipe ini juga membutuhkan 17 – 2 liter solar per jam. Mungkin ini adalah alasan kenapa excavator Kobelco SK 200 banyak diminati terutama di sektor perkebunan dan properti.

Keunggulan lainnya dari produk ini adalah biaya operasional lainnya relatif rendah. Selain itu, excavator tipe ini terbilang handal. Itulah sebabnya permintaan produk Kobelco terus naik sejak 15 tahun terakhir terutama di sektor perkebunan sawit.

Namun jika mesin tidak dirawat, penggunaan BBM pada alat berat excavator bisa saja menjadi boros. Biasanya hal ini terjadi karena oli mesin tidak diganti secara rutin, filter bahan bakar tidak pernah dicek atau diganti, filter udara jarang dibersihkan, injector kotor, dan sebagainya.

Sama halnya dengan mobil dan kendaraan lainnya, excavator dan alat berat lainnya harus dirawat secara rutin agar performanya tetap bagus, dan konsumsi bahan bakar tetap irit. Jika kamu merasa konsumsi excavator boros, segera cek alat berat tersebut. Pemeliharaan alat secara berkala sesuai rekomendasi dari pabrikan akan membuat mesin awet dan irit bahan bakar sehingga bisa dipakai lebih lama.

Kesimpulannya, konsumsi BBM alat berat per jam dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi alat dan jenis bahan bakar. Agar hasil kerja lebih efisien, alat berat harus diisi dengan bahan bakar sesuai kapasitasnya. Dengan mengetahui kebutuhan bahan bakar minyak, para pekerja proyek bisa memprediksi berapa lama alat berat mampu beroperasi.

Leave a Comment