Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Betenaga, Tidak Mau Hidup / Mati Saat Panas

Tahukah Anda apa penyebab mesin potong rumput tidak mau hidup padahal perlu untuk digunakan membersihkan rumput liar di depan rumah? Ternyata tidak hanya faktor bahan bakar saja, tetapi juga ada penyebab lain yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Mau Hidup

Baca Dulu : Cara Menghidupkan Mesin Potong Rumput

Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Mau Hidup

Menjadi hal yang cukup menjengkelkan ketika sudah berniat untuk memusnahkan semua rumput, tetapi mesin tidak kunjung mau diajak bekerja. Masalah ini disebabkan oleh beberapa masalah, antara lain:

  • Tangki Bahan Bakar Kosong dan Kotor

Salah satu penyebab mesin potong rumput tidak mau menyala adalah tidak memiliki bahan bakar yang cukup. Selain itu, sebagian besar mesin pemotong rumput mempunyai tutup bahan bakar yang ber ventilasi.

Ventilasi ini berguna untuk melepaskan tekanan dan memungkinkan bahan bakar mengalir dari tangki ke karburator. Tanpa adanya ventilasi, asap gas di dalam tangki mulai menumpuk sehingga menghentikan aliran bahan bakar.

  • Periksa Kondisi Busi

Kemudian ada pula pelaku lainnya, yaitu kerusakan pada bagian busi. Kerusakan ini bisa menyebabkan munculnya percikan api yang menyalakan bahan bakar di mesin. Jika busi kendur, terputus, atau terlapisi residu karbon, maka kemungkinan akan merusak fungsi mesin.

Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Bertenaga

Selain mesin tidak mau hidup ternyata ada masalah lain, yaitu bisa hidup, tetapi tidak bertenaga. Ini dikarenakan oleh beberapa masalah, antara lain:

  • Aus Pada Ring Piston

Ring piston yang menyusut akan mengakibatkan kompresi pada blok silinder menurun sehingga tenaganya juga menurun. Inilah yang menyebabkan mengapa mesin potong rumput tidak bertenaga ketika bekerja.

  • Kerusakan Blok Silinder

Masalah ini bisa menyebabkan mesin potong rumput tidak bertenaga karena dinding baret atau aus. Jika dibiarkan lama-lama, maka mesin akan mati dengan sendirinya dan kerusakan menjadi semakin parah. Guna memperbaikinya, Anda perlu mengganti blok silinder yang baru.

  • Filter Karburator Kotor

Perlu diketahui bahwa filter karburator adalah saluran untuk udara masuk ke karburator. Saluran yang kotor dan tersumbat akan menurunkan komposisi udara sehingga pembakaran pada blok silinder tidak berjalan sempurna.

Artikel Terkait : Takaran Oli Mesin Potong Rumput 4 Tak

Penyebab Mesin Potong Rumput Mati Saat Panas

Penyebab Mesin Potong Rumput Mati Saat Panas

Terdapat beberapa kasus di mana mesin potong rumput mati ketika digunakan karena masin semakin panas. Memang, apa saja sih penyebabnya?

  • Oli Seal Bocor

Kebocoran pada oli seal ini menjadikan mesin bisa mati ketika di gas atau digunakan dalam beberapa waktu. Ini dikarenakan kebocoran bisa menyebabkan kompresi mesin menurun sehingga mati dalam RPM yang tinggi.

  • Knalpot Tersumbat

Mesin potong rumput yang terlalu sering digunakan bisa mengalami penumpukan kerak pada knalpot sehingga saluran pembuangannya tersumbat dan mesin menjadi panas. Masalah ini juga menjadikan mesin mati ketika di gas.

Perhatikan Apakah Perlu Service Mesin Potong Rumput

Walaupun pekerjaan untuk memperbaiki mesin potong rumput bisa dilakukan sendiri dengan memahami apa penyebabnya, terkadang Anda juga membutuhkan jasa profesional. Usaha ini bisa dilakukan ketika Anda sudah melakukan semua pemeriksaan yang telah direkomendasikan oleh pabrik dan mesin tetap tidak mau bekerja.

Selain mesin yang tiba-tiba mati, adapun beberapa masalah lainnya yang menjadi tanda bahwa Anda perlu membawanya ke tukang service, yaitu muncul asap hitam, mengeluarkan suara ketukan, hingga bergetar kencang.

Ternyata ada banyak penyebab mesin potong rumput tidak mau hidup, mulai dari kehabisan bahan bakar hingga beberapa kerusakan lainnya. Maka dari itu, jika Anda mengalami masalah ini jangan langsung menyimpulkan bahwa mesin potong sudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali, tetapi periksa terlebih dahulu beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Comment