Cara Menentukan Rangkaian Warna Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu

Kapasitor adalah komponen penting pada pompa air. Kapasitor berfungsi memasok sebagian arus listrik untuk menghasilkan energi pada saat starting atau ketika pompa air dihidupkan. Kapasitor, bahkan merek bagus seperti Kapasitor pompa air Shimizu, bisa mengalami kerusakan sehingga perlu diganti. Kamu harus memahami rangkaian kabel kapasitor pompa air Shimizu sebelum memasang kapasitor baru. Hal ini karena dalam rangkaian tersebut, terdapat beberapa warna berbeda.

Rangkaian Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu
Rangkaian Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu

 

Baca Dulu : Otomatis Pompa Air On Terus

Rangkaian Kabel Kapasitor Pompa Air Shimizu dan Warnanya

Seperti penjelasan di atas, kapasitor berfungsi sebagai pengangkat data saat mesin pompa air dinyalakan. Kapasitor menyimpan energi listrik yang nantinya digunakan untuk menggerakkan putaran awal dinamo.  Saat pertama kali berputar, dinamo membutuhkan energi listrik yang besar sehingga membutuhkan tambahan energi listrik dari kapasitor.

Dengan kata lain, kapasitor memiliki peranan sangat penting. Tanpa kapasitor, mesin pompa air tidak dapat menyala karena tidak mampu berputar. Jika hal ini terjadi, kapasitor harus diganti. Saat memasang kapasitor baru, kamu harus memperhatikan warna kabel kapasitor pompa air Shimizu. Ada tiga warna kabel pompa air yang akan kamu lihat sebagai berikut.

  • Warna coklat/hitam/merah

Dalam unit pompa air Shimizu biasanya terdapat satu dari ketiga warna ini tetapi kebanyakan menggunakan warna coklat. Kabel warna coklat adalah kabel fasa yaitu kabel berisi tegangan listrik PLN.  Sebutan lainnya adalah kabel api atau kabel positif. Kabel ini dapat menyalakan lampu tespen saat dites menggunakan tespen listrik. Intinya kabel ini berfungsi menghantarkan arus listrik.

  • Warna Biru

Kabel lain yang akan kamu temukan dalam unit pompa air Shimizu adalah kabel berwarna biru. Berbeda dari kabel coklat di atas, kabel biru merupakan kabel Netral yang memiliki muatan listrik rendah bahkan hampir nol.

Fungsi kabel biru adalah sebagai acuan agar pompa menyala. Sebagai informasi, agar terjadi aliran arus listrik, harus ada beda potensial (antara muatan negatif dan positif). Jika dalam komponen listrik hanya ada kabel fasa/positif, pompa tidak akan menyala.

  • Warna Kuning

Fungi kabel berwarna kuning atau disebut juga kabel grounding adalah mencegah terjadinya korsleting atau terputusnya arus listrik pada unit mesin pompa air Shimizu. Dengan begitu, pompa air menjadi lebih awet. Selain itu, kabel ini berfungsi mencegah bahaya lain seperti kebakaran atau kesetrum. Di beberapa kapasitor Shimizu, warna kabel tidak selalu polos namun bisa merupakan kombinasi kuning dan hijau.

Baca Juga :

Cara Memasang Kapasitor Pompa Air Shimizu

Cara Memasang Kapasitor Pompa Air Shimizu
Cara Memasang Kapasitor Pompa Air Shimizu

 

Tanda-tanda kapasitor pompa air bermasalah dapat diketahui dari mesin yang hanya mendengung saat dinyalakan. Pemasangan kapasitor pompa air Shimizu tidak jauh berbeda dengan pemasangan kapasitor pompa pada umumnya. Berikut langkah-langkah pemasangannya.

  • Matikan Sumber Listrik

Sebelum melakukan penggantian atau pemasangan komponen kapasitor pada mesin pompa air, langkah pertama adalah memastikan sumber listrik pada jalur kelistrikan pompa air. Hal ini wajib dilakukan demi keselamatan mengingat kamu nanti akan kontak langsung dengan kabel listrik saat memasang kapasitor.

Pastikan tidak ada arus listrik yang masih mengalir pada kabel. Lebih amannya, matikan listrik langsung dari sumber utama jika kamu memakai saklar pada instalasi mesin pompa air.

  • Bongkar Kabel Sambungan

Pembongkaran kapasitor bisa langsung dimulai setelah mematikan sumber listrik pada jalur mesin pompa air. Gunakan baut untuk membuka penutup luar kapasitor. Setelah casing terlepas, kamu akan melihat rangkaian kabel yang mungkin cukup rumit. Perhatikan warna kabel-kabel tersebut dan hafalkan jalur-jalurnya. Bila perlu, foto rangkaian tersebut sebelum membongkar kabelnya.

Langkah selanjutnya adalah membongkar kabel sambungan dari jalur kapasitornya. Cara menentukan kabel kapasitor pompa air adalah dengan melihat berapa nilai Microfarad (µF) dari kabel tersebut lalu cari kapasitor dengan nilai yang sama. Kamu dapat membelinya di toko elektronik atau toko bangunan.

  • Pasang Kapasitor Baru

Setelah mendapat kapasitor baru, langsung saja pasang seperti semula pada rangkaian kabel. Kedua titik kabel kapasitor bisa disambung bolak-balik karena jenis ini tidak mempunyai polaritas. Terakhir, rapikan kabel dengan lakban atau selotip agar aliran listrik tidak bocor.

Ketahui :

Demikianlah cara memasang kapasitor baru pada pompa air Shimizu. Intinya, kamu harus mengerti rangkaian kabel kapasitor pompa air Shimizu. Perlu diketahui bahwa setiap merek unit pompa air mungkin mempunyai warna kabel dan jalur yang berbeda-beda.

Leave a Comment