Jenis & Harga Sewa Alat Berat Breaker Excavator

Alat berat breaker atau sering disebut dengan hydraulic breaker excavator adalah alat berat yang memiliki fungsi demolition atau menghancurkan. Alat breaker ini paling sering dijumpai di lokasi pertambangan atau pembangunan konstruksi. Tujuan utama menggunakan alat ini adalah untuk menghancurkan berbagai macam benda keras seperti batu, beton, aspal, dan benda lain yang ditemukan saat proses penggalian tanah. Karena itulah banyak pula yang menyebutnya sebagai breaker batu.

Alat Berat Breaker

Tanpa alat ini, proses penggalian tanah akan terhambat. Sebenarnya, penghancuran struktur beton atau bongkahan batu pada penggalian atau penambangan dapat dilakukan dengan peledakan. Namun, breaker dianggap sebagai pilihan terbaik karena tidak berisik dan menghasilkan vibrasi yang kecil.

Baca Dulu : Konsumsi BBM Alat Berat Per Jam

Jenis Breaker Excavator

Secara umum, breaker excavator menjadi 2 jenis yaitu handheld breaker dan breaker yang dipasang di alat berat. Penjelasan masing-masing jenis sebagai berikut:

  • Handheld breaker

Handheld breaker

Sesuai namanya, breaker jenis ini dioperasikan langsung dengan tangan oleh pekerja. Breaker tipe ini memiliki ukuran kecil dan tenaganya juga kecil. Saat ini banyak handheld breaker didesain tanpa kabel (cordless) sehingga lebih nyaman digunakan. Model ini lebih disukai karena lebih portable walaupun tidak sekuat model dengan kabel.

  • Breaker Excavator Dipasang di Alat Berat

Breaker Excavator Dipasang di Alat Berat

Berbeda dengan model handheld, breaker jenis ini dipasang pada backhoe, excavator, atau alat berat lain. Karena dipasang pada alat lain, breaker ini tentu perlu mendapat perhatian khusus. Salah satunya dalah dengan memastikan tipe dan kapasitas alat berat yang digunakan harus sesuai.

Mengapa demikian? Alasannya karena kapasitas mesin pada alat berat ini harus proporsional dengan hydraulic breaker agar tidak timpang. Kekuatan hidrolik breaker juga sangat terkait dengan kemampuan alat berat yang ‘dikendarai’. Oleh sebab itu, alat berat harus disesuaikan dengan alat breaker sehingga dapat bekerja bersama-sama dengan optimal.

Walaupun memiliki jenis atau model berbeda, cara kerjanya hampir sama. Pertama, dorong chisel tegak lurus pada batu atau bongkahan yang akan dipecah. Kemudian, atur rpm mesin sekitar 5cm (tidak lebih tinggi dari yang diperlukan).

Selalu tekan chisel untuk memecah material tetapi segera hentikan breaker ketika material sudah terpecah. Intinya, jangan operasikan chisel saat tidak digunakan. Perhatikan arah penetrasi breaker dan arah chisel. Kemungkinan arahnya akan berubah secara bertahap sehingga penting untuk selalu menyesuaikannya dengan silinder bucket.

Satu lagi hal yang harus diperhatikan saat mengoperaskan breaker adalah jangan memecah bahan terus-menerus (terlalu lama) di satu lokasi. Hal tersebut berpotensi membuat chisel cepat rusak atau terbakar karena naiknya suhu oli secara tidak normal. Untuk memecah material keras, mulailah dari tepi.

Artikel Terkait :

Harga Breaker Excavator

Harga breaker pemecah batu bervariasi tergantung merek dan performa. Harga breaker baru bisa mencapai ratusan juta rupiah. Karena harganya yang mahal, biasanya pemilik usaha konstruksi memilih menyewa alat breaker daripada membelinya apalagi jika membutuhkan lebih dari 1 unit.

Walau sudah mempunyai jenis breaker yang tepat, cara pengoperasiannya harus tetap diperhatijan. Kelalaian dan kesalahan saat menggunakan alat tak hanya dapat mengakibatkan kerugian materi tetapi juga berisiko menyebabkan kecelakaan kerja pada operator dan orang-orang di sekitarnya. Yang jelas, alat dan chisel pada breaker akan cepat rusak.

Untuk membuat alat berat breaker awet, perawatan rutin harus dilakukan terutama pada bagian chisel yang merupakan komponen terpenting. Jika ada kerusakan sedikit saja, perbaiki sesegara mungkin. Selain itu, pastikan komponen lain seperti bushing, sudah terlumasi dengan baik. Jika memiliki alat breaker sendiri, percayakan perawatan alat pada profesional.

Sewa Excavator Breaker

Sewa Excavator Breaker

Biasanya harga alat excavator breaker berkisar antara 300 – 400ribu rupiah untuk penggunaan per jam tergantung dari tipe breaker excavator. Harga tersebut belum termasuk biaya operator sebesar 300ribu per hari, biaya BBM, dan biaya mobilisasi dan demobilisasi. Biasanya ada waktu minimal sewa yaitu 50 jam atau 100 jam tergantung dari pihak rental.

Ada beberapa keuntungan rental atau sewa alat berat dibanding membeli sendiri. Pertama, kamu tidak perlu modal besar. Seperti telah dijelaskan di atas, harga mesin excavator bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sambil menunggu modal terkumpul untuk membelinya, kamu bisa menyewa terlebih dahulu.

Selain itu, kamu tak perlu memikirkan perawatan alat karena tinggal pakai untuk jangka pendek. Kamu juga tak perlu repot mempersiapkan operator dan tenaga lain. Satu lagi, kamu tak perlu bingung menyediakan lahan parkir saat excavator tak digunakan.

Kesimpulannya, hidrolik breaker sangat penting untuk menghancurkan batu, beton, dan material lain secara efektif. Alat berat breaker beserta chisel yang terawat akan meningkatkan produktivitas kerja sehingga proyek pun bisa selesai tepat waktu. Baik menggunakan alat sendiri maupun menyewa, pastikan alat dioperasikan dengan baik agar kinerjanya maksimal proses pengerjaan aman.

Leave a Comment