Cara Membuat Mesin Las Listrik 450 Watt Rakitan

Cara membuat mesin las listrik 450 watt bisa dilakukan dengan mudah. Yang terpenting, kamu sudah tahu bagaimana cara membuat mesin las rakitan yang baik dan benar.

cara membuat mesin las listrik 450 watt

Pada dasarnya, membuat berbagai macam jenis alat perkakas sendiri bisa lebih menghemat biaya yang harus kalian keluarkan. Sebab, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat saja untuk membuatnya. Untuk mengetahui apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan, simak dengan baik informasi yang ada di bawah ini!

Baca Dulu: Skema Mesin Las Inverter Lakoni 120E

Cara membuat mesin las listrik 450 watt dengan mudah dan tepat

Mesin las listrik termasuk salah satu alat pertukangan yang sering digunakan oleh banyak orang. Sebenarnya alat ini bisa kita temukan dengan mudah di beberapa toko bangunan yang ada di lingkungan sekitar. Namun, tak jarang dari beberapa orang yang lebih memilih untuk membuatnya sendiri, karena mesin las listrik yang dibuat sendiri dapat lebih sesuai dengan kebutuhannya.

mesin las rakitan
Mesin las rakitan

Kendati demikian, jika kamu tertarik untuk membuat mesin las listrik sendiri, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya yang tepat. Tahapan pembuatan mesin las listrik ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu, catat dengan baik beberapa tahapan pembuatan mesin las listrik berikut ini:

  1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang tahapannya itu sendiri, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alat dan material yang harus kalian siapkan untuk membuat mesin las listrik secara mandiri, yaitu:

  • Aki bekas. Aki motor, mobil, maupun jenis aki lainnya bisa kamu gunakan untuk membuat mesin las listrik yang satu ini. Tidak ada ukuran maupun kapasitas khusus yang harus diperhatikan.
  • Carbon batang bekas baterai jam. Baik baterai ukuran AA maupun AAA bisa kamu manfaatkan untuk membuat mesin las listrik bekas. Dalam hal ini, kamu perlu membongkar baterai bekasnya, agar carbon batangnya bisa diambil dengan mudah.
  • Kabel, kayu, dan material jenis lainnya. Dalam hal ini, kamu perlu menggunakan kabel yang tebal, agar koneksi dari aki dan carbon batangan bisa berfungsi dengan baik. Sebab, kabel ini akan berperan sebagai penghantar panas untuk proses pengelasan.

Baca Juga: Mesin Las Protek Pada Saat Mengelas

  1. Tahapan yang harus dilakukan

cara membuat mesin las listrik 450 watt

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang ada di atas, sekarang kamu perlu memahami bagaimana cara yang tepat untuk membuat mesin las listrik sendiri. Berikut adalah beberapa tahapan yang harus kalian lakukan:

  • Sambungkan kabel jumper ke kutub positif dan negatif dari aki yang akan digunakan. Pastikan kamu memperhatikan tahapan ini dengan baik.
  • Kemudian, pada kabel di kutub positif aki kamu bisa menyambungkan saklar sebagai on dan off mesin lasnya nanti terlebih dahulu.
  • Buat satu handling yang bisa digunakan dengan baik untuk menggabungkan carbon batang dari bekas baterai yang telah diambil.
  • Sambungkan seluruh kutub positif dan negatif aki ke bagian handling yang sudah dibuat dengan tepat sebelumnya. Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa saklar masih dalam kondisi mati atau off.
  • Silakan untuk mencoba dengan menggabungkan setiap plat tembaga tipis yang ada di mesin tersebut.

Baca Juga: Skema Mesin Las IGBT

Akhir kata

Sekarang kamu bisa menilai sendiri bahwa cara membuat mesin las listrik 450 watt bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, kamu tidak akan mengalami kesulitan jika ingin membuat mesin ini sendiri di rumah.

Leave a Comment