Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Dengan 4 Tak Beserta Kisaran Harganya

Mempunyai rencana untuk membeli, tetapi masih belum tahu apa perbedaan mesin potong rumput 2 tak dan 4 tak? Jawabannya akan di bahas di artikel berikut, oleh karenanya jangan tunda untuk baca hingga akhir ya!

Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Tak Dan 4 Tak

Baca Dulu : Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Mau Hidup

Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Tak dan 4 Tak

Terdapat beberapa perbedaan antara mesin potong rumput 2 tak dan 4 tak, walaupun mereka sama-sama bekerja untuk memotong rumput. Seperti namanya, mesin 2 tak adalah mesin yang hanya bekerja melalui 2 langkah, yaitu kompresi dan langkah daya.

Sementara 4 tak melalui 4 langkah, yaitu kompresi, langkah daya atau tenaga, pembuangan, dan masuknya udara. Selain itu, perbedaannya juga terletak pada perputaran piston. Mesin potong rumput 4 tak pistonnya berputar sekitar dua kali per siklus, sedangkan mesin 2 tak hanya sekali putaran.

Adapun beberapa perbedaan lain yang akan dijelaskan pada poin berikut, antara lain:

  • Berat Mesin

Mesin 2 tak mempunyai bagian yang lebih sedikit karena tidak mempunyai reservoir minyak dan katup. Selain itu, desainnya juga cenderung lebih kecil dibandingkan mesin 4 tak. Oleh karena itu, bobot 2 tak jauh lebih ringan.

  • Biaya yang Diperlukan

Desain mesin pemotong 4 tak lebih kompleks dan mempunyai lebih banyak komponen yang berarti biaya pembuatannya akan sedikit lebih mahal. Biaya tambahan tersebut dibebankan kepada Anda saat memutuskan untuk membeli mesin pemotong rumput.

Sementara mesin 2 tak mempunyai desain mesin yang sederhana sehingga ketika terjadi kesalahan dan perbaikan akan jauh lebih murah dibandingkan 4 tak.

  • Efisiensi Bahan Bakar

Jika berbicara mengenai efisiensi bahan bakar, pemenangnya adalah 4 tak. Ini dikarenakan mesin potong rumput 2 tak bekerja dengan membuang lebih banyak gas dan mengonsumsi bahan bakar setiap dua putaran dibandingkan setiap 4 putaran pada mesin 4 tak.

  • Emisi atau Dampak Terhadap Lingkungan

Mesin pemotong rumput 2 tak kurang ramah lingkungan karena minyak atau oli bercampur dengan bahan bakar sehingga minyak yang terbakar juga dilepaskan ke udara bersama dengan asap knalpot lainnya.

Emisi ini adalah alasan mengapa mesin pemotong rumput 2 tak secara bertahap dihapus karena tidak memenuhi standar emisi modern. Jika Anda cinta terhadap lingkungan, maka mesin 4 tak yang lebih unggul.

  • Keandalan

Mesinnya dibuat lebih modern menjadikan 4 tak bekerja lebih andal dibandingkan 2 tak yang sering mengalami beberapa masalah.

  • Sistem Pelumasan

Mesin 2 tak tidak mempunyai reservoir pada bak mesin tempat penyimpanan oli. Desain mesinnya lebih sederhana dibandingkan mesin 4 tak. Maka dari itu, agar berbagai bagian mesin tetap terlumasi, mesin 2 tak perlu menggunakan campuran oli dan bensin.

Sementara mesin 4 tak, Anda hanya perlu menjaga reservoir di bak mesin agar terisi oli ke tingkat yang disarankan.

  • Tingkat Kebisingan Mesin

Jika menyukai kedamaian dan ketenangan, Anda pasti akan merasa terganggu dengan suara mesin potong rumput yang terlalu bising. Mesin 2 tak mempunyai tingkat kebisingan yang lebih tinggi dibandingkan 4 tak karena mereka memang bekerja lebih keras.

Artikel Terkait :

Harga Mesin Potong Rumput 2 Tak Terbaik

Harga Mesin Potong Rumput 2 Tak Terbaik

Ada banyak sekali jenis mesin potong rumput yang tersedia di seluruh dunia, mulai dari brand A hingga Z dan gendongan sampai dorong. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa biaya untuk mesin 2 tak lebih kecil dibandingkan 4 tak.

Itu juga berlaku untuk harga belinya. Mesin potong rumput 2 tak dibanderol dengan harga sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan berdasarkan brand dan fiturnya.

Harga Mesin Potong Rumput 4 Tak Terbaik

Mesin 4 tak mempunyai banyak keunggulan mulai dari tidak terlalu bising, lebih hemat bahan bakar, hingga mesin andal. Keunggulan ini pastinya dihargai lebih tinggi dibandingkan mesin 2 tak.

Harganya sendiri berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta tergantung dengan brand dan fitur yang ditawarkan.

Setelah memahami apa saja perbedaan mesin potong rumput 2 tak dan 4 tak, Anda sudah bisa memilih mana jenis yang paling cocok sesuai dengan budget hingga efisiensi bahan bakar.

Leave a Comment