Jenis Serta Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput Dorong & Gendong

Cara kerja mesin pemotong rumput berbeda tergantung dari jenisnya. Saat ini mesin pemangkas rerumputan menjadi kebutuhan yang terbilang penting oleh para penghuni rumah. Apalagi untuk mereka yang mempunyai halaman rumah yang sangat luas. Tidak hanya itu, mesin jenis ini juga sangat diperlukan untuk perawatan pada rumput yang tumbuh di lapangan outdoor, Seperti lapangan golf ataupun sepak bola. Di mana mereka sangat memerlukan rumput guna mendukung permainan dan penampilannya.

Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput

Baca Dulu : Perbedaan Mesin Potong Rumput 2 Tak dan 4 Tak

Mengenali Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput

Pada dasarnya terdapat banyak tipe untuk mesin pemangkas rumput. Namun di Indonesia sendiri lebih dikenal 2 jenis dengan cara kerja yang berbeda-beda. Apa itu? Yuk simak pembahasan berikut

Cara kerja mesin pemotong rumput dorong

Sama seperti namanya, cara kerja mesin jenis ini tentu saja dengan didorong. Kamu hanya perlu menyalakan lalu mendorong mesinnya pada rumput yang akan diratakan. Akan tetapi, sebelum menyalakan mesinnya, kamu bisa mengontrol ketinggian rumput yang ingin dipotong.  Caranya yaitu melalui pengaturan yang berada di bagian roda kerangka.

Cara kerja mesin pemotong rumput gendong

Jika cara sebelumnya didorong, maka untuk jenis ini cara pengoperasiannya digendong. Cara kerjanya yaitu jika mesinnya dihidupkan dan berada di rpm paling rendah, kampas kopling akan memutar tanpa harus membuka.

Apabila tuas gas ditarik, maka putarannya akan menaik. Sehingga perlahan kampas kopling akan berada di rumah kampas yang membuatnya ikut memutar. Rumah kopling yang memutar ini bersifat flexible shaft. Lalu putarannya sampai ke gear box. Di dalam ini, putaran berubah menjadi tegak lurus sampai memutar.

Dengan demikian mata potong juga akan memutar sesuai dengan putaran mesin. Semakin penuh penarikan tuas gas, semakin cepat juga mata potong akan berputar. Kecepatannya itu yang nantinya bertugas dalam memotong rumput.

Perawatan pada mesin potong rumput

Mesin dengan kualitas terbaik sekalipun jika tidak dirawat dengan benar pastinya akan mengalami kerusakan juga. Untuk melakukan perawatan pada mesin, kamu dapat mengikuti beberapa caranya berikut ini.

Panaskan mesinnya secara rutin guna mencegah mesin dari kemacetan ketika sedang dioperasikan.

Mengasah pisau pemangkas rumput, supaya kekuatan dan ketajamannya senantiasa terjaga.

Supaya kinerja mesin tetap bagus, ganti juga saringan udaranya secara berkala. Pakaikan juga busi yang sesuai dan tahan lama.

Kualitas bensin dan oli harus tetap dalam keadaan baik. Untuk itu gantilah oli dengan rutin dan jangan lupa untuk selalu mengisi bensinnya sebelum habis.

Solusi memperbaiki sistem pengapian mesin potong rumput yang hilang

Solusi memperbaiki sistem pengapian mesin potong rumput yang hilang

Sistem pengapian yang hilang biasanya bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Antara lain:

  • Renggangnya jarak antara magnet dan CDI

Untuk mengatasinya aturlah jarak dari keduanya dengan tepat. Dengan begitu dapat menciptakan sistem pengapian yang sempurna.

  • CDI tidak berfungsi

CDI ini berfungsi untuk mengontrol waktu menyalanya api di busi. Jadi jika CDI tidak dapat difungsikan, akan mengakibatkan busi tidak ingin meletikan apinya. Adapun untuk mengatasinya tentunya dengan menggantikan CDI dengan yang baru.

  • Busi tidak hidup

Busi yang mati membuat tidak adanya pembakaran dan mesin juga tidak dapat menyala. Untuk menanganinya, gantilah businya dengan yang baru.

  • Kabel CDI yang tertempel di badan mesin

Kabel yang berguna untuk mematikan mesin ini, sering kali mengalami kelupas pada kulitnya ataupun tertempel di badan mesin. Solusi dari permasalahan ini yaitu dengan memperhatikan jalur kabel tersebut. Apabila ada yang terkelupas, maka tutup kabelnya dengan memakai isolatip.

2 Jenis mesin potong rumput

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mesin pemangkas rumput terdiri dari dua jenis dengan manfaat yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Mesin potong rumput gendong

Mesin pemotong rumput pertama ini bisa memangkas rerumputan yang hinggap di halaman dengan permukaan tanah yang tidak rata ataupun bergelombang. Adapun bentuk dari mesin satu ini memiliki kemiripan dengan alat untuk menyemprot hama. Di bagian ujung gagangnya terdapat pisau yang berguna untuk memotong rumput.

  • Mesin potong rumput dorong

Jenis mesin ini sangat pas dipakai untuk tanah berbentuk persegi dan permukaan yang rata, seperti lapangan. Mesin dorong ini bisa memangkas semua rumput sampai ke area pinggiran sebuah lapangan. Di area tangkainya, terdapat wadah yang bermanfaat untuk menampung rumput. Kamu juga dapat melipatkan pendorongnya supaya dapat disimpan dengan mudah

Cara mengatasi alat potong rumput yang mati

Berikut adalah permasalahan yang sering terjadi pada mesin pemotong rumput beserta cara memperbaikinya.

  • Karburator banjir

Banjir pada karburator terjadi karena bercampurnya bahan bakar dengan kotoran Ketika sedang mengisi bahan bakar. Solusi mengatasinya, lepaskan karburator lalu setiap sisinya dibersihkan memakai bensin hingga bersih. Jika sudah bersih, pasang Kembali karburatornya dengan benar.

  • Kompresi hilang

Kehilangan kompresi terjadi karena ring piston yang tidak berkembang. Cara menanganinya, kamu hanya perlu membersihkan ring piston di tempatnya. Selain itu, kompresi dapat hilang karena kurangnya oli pelumas yang membuat mesin jadi cepat panas dan menimbulkan baret pada blok silinder. Jika ini terjadi, gantilah blok silinder dengan yang baru.

Artikel Terkait :

Begitulah tipe dan cara kerja mesin pemotong rumput, beserta solusi mengatasinya ketika terjadi kendala. Semoga bermanfaat !

Leave a Comment