Bagaimana Proses Cara Mengoperasikan Mesin Bubut CNC? Apa Fungsi Mesin Bubut?

Cara mengoperasikan mesin bubut bisa dilakukan dengan mudah jika kamu sudah mengetahui caranya dengan baik. Pada dasarnya, informasi tentang cara mengoperasikan mesin bubut CNC sudah tersedia secara lengkap di internet. Bahkan, saat ini juga sudah tersedia beragam informasi terkait hal ini seperti proses cara mengoperasikan mesin bubut, cara menghidupkan mesin bubut, dan fungsi mesin bubut itu sendiri. Lalu, bagaimana cara mengoperasikan mesin bubut yang baik dan benar?

Cara Mengoperasikan Mesin Bubut

Baca Dulu : Ukuran Mesin Bubut

Bagaimana cara mengoperasikan mesin bubut CNC? Berikut cara lengkapnya!

Sebelum kita membahas tentang cara pengoperasiannya itu sendiri, ada baiknya jika kamu mengetahui bahwa mesin bubut memiliki prinsip kerja tersendiri. Dalam hal ini, poros spindel yang ada di dalam mesin ini akan memutar benda kerja melalui roda gigi penghubung, dan putaran tersebut akan disampaikan ke roda gigi poros ulir.

Jadi, dapat dipastikan bahwa di dalam mesin ini akan ada beragam bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Mulai dari kepala tetap, kepala lepas, poros transportir, eretan, bed, dan bagian-bagian sejenis ini lainnya akan memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara mengoperasikan mesin ini dengan baik, yang antara lain:

1. Cara menghidupkan dan mematikan mesin bubut

Cara pertama yang akan kami bahas adalah cara untuk menghidupkan dan mematikan mesin bubut. Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu menekan tuas on atau off yang ada pada mesin tersebut. Dengan menekan tuas tersebut, spindel akan secara otomatis berputar. Sementara itu, tombol emergency pada mesin bubut harus disetel keluar jika kamu hendak menghidupkannya. Dengan begitu, tombol emergency bisa berfungsi di waktu yang tepat.

2. Cara mengendalikan putaran spindel

Berbeda dengan cara yang pertama, ketika kamu hendak mengendalikan putaran spindel pada mesin bubut, kamu harus mengatur tuas pengatur kecepatan spindel yang sedang kamu gunakan. Sesuaikan dengan plat tabel yang sudah tersedia pada mesin bubut itu sendiri.

3. Cara menggunakan mesin bubut hingga akhir

Setelah memahami tahapan-tahapan yang ada di atas, sekarang kamu bisa melakukan beberapa tahapan yang ada di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal ini, yaitu:

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan alat yang dibutuhkan.
  • Jika sudah, cek kondisi mesin yang akan digunakan dan masukkan sumber utama arus dalam mesin tersebut.
  • Atur spindel yang akan kamu gunakan agar sesuai dengan material yang akan dibubut. Dalam hal ini, ukurannya sendiri bisa ditentukan melalui perhitungan atau tabel cutting speed.
  • Kemudian pasang senter putar yang ada pada kepala lepas dan pasang pahat dengan ujung sayat yang setinggi ujung senter.
  • Pasang atau cekam benda kerja yang akan dibubut, lalu dekatkan pahat pada ujung benda kerja tersebut.
  • Hidupkan mesin dengan melakukan cara yang ada di atas, maka proses penyayatan tersebut sudah bisa dilakukan.

Artikel Terkait : Tabel Kecepatan Potong Mesin Bubut

Fungsi mesin bubut

Fungsi Mesin Bubut

Bagi beberapa orang yang sudah mengenal jenis-jenis alat perkakas dengan baik, maka mereka pasti sudah tahu apa sebenarnya fungsi dari mesin bubut itu sendiri. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang belum terlalu mengenal mesin ini dengan baik? Untuk itu, di sini kami akan menjelaskan tentang apa saja fungsi dari mesin bubut.

Pada dasarnya, mesin bubut memiliki beragam fungsi seperti grooving, turning, knurling, dan tapping. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa alat ini akan membutuhkan tenaga manusia untuk mengarahkan benda secara tepat. Jadi, bentuk dan ukuran hasil yang akan kamu dapatkan bisa lebih sesuai kebutuhan serta keinginan.

Nantinya, dengan menggunakan mesin bubut yang masih layak pakai seperti ini, kamu bisa memotong benda kerja yang diputar. Sebab, mesin bubut itu sendiri merupakan alat yang proses penyayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja. Jadi, hasil dari proses penyayatan ini bisa terlihat lebih maksimal.

Baca Juga :

Dengan melihat penjelasan yang ada di atas, dapat dipastikan bahwa cara mengoperasikan mesin bubut sangatlah mudah untuk dilakukan. Pahami tahapan-tahapan yang ada di atas dan kamu bisa melakukan aktivitas ini dengan mudah dan lancar.

Leave a Comment