Cara Memperbaiki Mesin Las Rhino Hidup Tetapi Tidak Dapat Mengelas Welding

Mesin las hidup tetapi tidak dapat mengelas welding termasuk salah satu jenis permasalahan yang sering dialami oleh sebagian orang. Sebenarnya, cara memperbaiki mesin las rhino yang hidup tetapi tidak dapat mengelas welding bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa memperbaiki permasalahan mesin las api kecil dengan baik dan benar secara mudah. Yang terpenting, kamu sudah memahami bagaimana cara untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut dengan benar.

Cara memperbaiki mesin las Rhino hidup tetapi tidak dapat mengelas welding dengan benar

Semua orang tentu tidak ingin mengalami kerusakan ketika sedang menggunakan suatu alat tertentu. Sebab, ketika alat yang akan digunakan sedang rusak, mereka harus mencari cara dulu untuk mengatasi kerusakan tersebut. Namun, kerusakan sebenarnya tidak bisa kita hindari seterusnya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat setiap alat pasti akan memiliki umur dan waktunya masing-masing.

mesin las hidup tetapi tidak dapat mengelas welding
Mesin las hidup tetapi tidak dapat mengelas welding

Maka dari itu, agar kamu bisa mengatasi segala jenis kerusakan yang dialami alat-alat di rumah, termasuk mesin las listrik, kamu perlu mengetahui cara memperbaikinya dengan baik dan benar. Untuk membantu kalian dalam mengetahuinya, berikut adalah beberapa tahapannya:

  • Cek terlebih dahulu apakah kerusakan yang dialami mesin las listrik milikmu benar-benar menunjukkan tanda-tanda seperti ini.
  • Salah satu tanda yang akan terlihat ketika mesin las milikmu mengalami kerusakan ini adalah lampu indikator menyala dan kipas berputar, tapi mesin tersebut tetap tidak bisa digunakan untuk mengelas.
  • Setelah memastikan jenis kerusakan pada alat tersebut, kamu bisa mengecek bagian lainnya yakni rangkaian auxiliary atau switching.
  • Jika setelah kamu mengeceknya tetap tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kamu bisa mengecek bagian driver-nya.

Baca Juga: Cara Membuat Las Listrik Dari Trafo CT

Cara memperbaiki mesin las api kecil

Permasalahan yang bisa dialami pada mesin las listrik memang sangatlah beragam, sehingga kamu perlu mengetahui apa saja jenis-jenis permasalahan yang ada tersebut. Mengapa demikian? Karena setiap jenis permasalahan ini akan memiliki cara perbaikannya masing-masing yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

cara memperbaiki mesin las rhino
Cara memperbaiki mesin las Rhino

Sementara itu, salah satu jenis permasalahan dalam hal ini yang juga sering dialami oleh beberapa orang adalah mesin las dengan api yang kecil. Lalu, bagaimana cara memperbaiki mesin las listrik yang menunjukkan tanda-tanda seperti itu? Berikut adalah cara lengkapnya:

  • Cek terlebih dahulu kinerja pengaturan ampere listrik yang kamu gunakan. Sebab, permasalahan yang terjadi pada busur api mesin las listrik ini biasanya terjadi karena pengaturan ampere-nya tidak optimal, jadi kamu perlu memastikannya dengan baik.
  • Setelah mengecek bagian pengaturan ampere listriknya, kamu juga bisa melihat bagian VR yang meliputi di dalamnya. Pastikan bagian VR tersebut menggunakan setting potensi 1K, Ohm 1, dan 0,5 W.
  • Setelah melakukan tahapan tersebut, kamu bisa memeriksa bagian current given dan sector protect yang ada pada alatnya.

Baca Juga: Skema Mesin Las IGBT

Permasalahan lain yang sering terjadi pada mesin las listrik

Selain kedua jenis permasalahan yang ada di atas, masih ada beberapa jenis permasalahan lainnya yang bisa dialami pada mesin las listrik milik kalian. Dalam hal ini, kami akan membahasnya secara satu per satu, yaitu:

  1. Mesin las protect pada saat mengelas
mesin las api kecil
Mesin las api kecil

Umumnya, permasalahan seperti ini akan terjadi ketika kamu terlalu lama menggunakan mesin las listrik tersebut. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, kamu bisa mematikan terlebih dahulu aliran listrik yang digunakan, kemudian cek bagian control board yang ada pada alat tersebut.

Baca Juga: Mesin Las Protek Pada Saat Mengelas

  1. Mesin langsung dalam kondisi protect ketika dihidupkan

Tak jarang ada beberapa mesin las listrik yang langsung menunjukkan tanda protect ketika dihidupkan. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menghentikan rencana aktivitas tersebut, kemudian bongkar bagian mesinnya dan lihat bagian driver, bidang block output, dan dual rectifier yang ada di dalamnya.

  1. Mesin las mati total

Jika mesin las listrik milikmu mengalami permasalahan seperti ini, kamu tidak perlu khawatir dulu, karena sebenarnya permasalahan ini masih bisa diperbaiki. Untuk mengatasi permasalahan mesin las mati total, kamu bisa memeriksa bagian power cord-nya apakah kabelnya mengalami kerusakan tertentu atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mengecek segala jenis bagian lainnya yang ada di alat tersebut, apakah ada yang sudah rusak atau tidak.

Baca Juga:

Ikuti beberapa cara memperbaiki mesin las hidup tetapi tidak dapat mengelas welding yang ada di atas, maka kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk memperbaiki mesin las listrik yang ada di rumah kalian.

Leave a Comment