Cara Menggunakan Las Listrik 450 & 900 Watt

Banyak orang yang masih kebingungan mengenai cara menggunakan las listrik 450 watt Dan 900 watt. Padahal itu sangat mudah sekali dilakukan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi cara untuk menggunakan las listrik 450 watt dan 900.

Cara Menggunakan Las Listrik 450 Watt
Cara Menggunakan Las Listrik 450 Watt

 

Baca Dulu :  Perbedaan Mesin Las 450 Watt Dengan 900 Watt

Cara Menggunakan Las Listrik 450 Watt

Sebagian dari kamu mungkin ada yang bertanya apakah listrik 450 watt bisa buat las. Tentu saja jawabannya bisa, sebab terdapat mesin las listrik dengan 450 watt. Nah berikut adalah cara untuk menggunakan mesin las listrik 450 Watt:

1. Pertama kamu harus menghubungkan kabel power pada arus listrik

Saat menghubungkan kabel power kamu harus menyesuaikan tegangannya juga. Selain itu pastikan bahwa kabel massa telah terpasang pada konektor negatif dan kabel elektroda telah terpasang pada konektor positif.

2. Tempelkan kabel massa di benda kerja yang hendak dilas

Setelah menghubungkan kabel power kamu harus menyesuaikan tegangannya juga, selanjutnya kamu harus menempelkan kabel massa di benda kerja yang hendak dilas. Caranya adalah dengan menjepitkannya.

3. Pasangkan elektroda di gagangnya

Jika kamu sudah menempelkan kabel massa di benda yang hendak dilas, maka kamu harus pasangkan elektroda di gagangnya, serta jangan lupa sesuaikan posisi benda kerja yang hendak kamu las tersebut.

4. Tekan tombol power supply

Apabila elektroda telah terpasang dengan sempurna pada gagangnya, tekan tombol power supply serta pastikan kipas telah berputar saat tombol berada pada posisi on. Dengan begitu alat akan bisa bekerja dengan baik.

5. Lakukan pengaturan sesuai elektroda yang kamu gunakan

Kemudian lakukanlah pengaturan sesuai elektroda yang kamu gunakan. Ukuran dari penggunaan kawat elektroda sesuai pengaturan ampere adalah elektroda 2.6 menggunakan 50 -80 Amp, elektroda 3.2 menggunakan 80 -100 Amp, dan elektroda 4.0 menggunakan 100 -130 Amp.

6. Hentikan sementara pengelasan jika lampu pilot menyala

Ketika proses pengelasan dan kemudian lampu pilot menyala, maka kamu harus menghentikan sementara kegiatan tersebut sampai lampu itu mati. Sebab hal itu berarti mesin sedang berada pada status over heating protection on karena mencapai suhu panas maksimal pada inverter.

7. Selanjutnya kamu harus pasang clamp massa

Ketika kamu memasang clamp massa, kamu harus memastikan bahwa clamp telah sesuai dengan arusnya. Pada clamp massa terminal negatif serta tang penjepit bagi kawat las pada posisi masing-masing. Pastikan jangan sampai terbalik.

Baca Juga :

Cara Menggunakan Las Listrik 900 Watt

Cara Menggunakan Las Listrik 900 Watt

Selain mesin las listrik 450 watt, ada juga mesin listrik 900 watt. Untuk menggunakan keduanya juga tidak terlalu jauh berbeda. Nah adapun cara untuk menggunakan mesin las listrik 900 watt adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan kabel power dengan sumber listrik

Agar mesin las dapat digunakan, pertama tentunya kamu perlu menghubungkan kabel power dengan sumber listrik. Sebab tanpa adanya sumber listrik, maka mesin las tersebut tidak bisa kamu gunakan.

2. Menyesuaikan besar amper yang diperlukan

Menyesuaikan besar amper diperlukan agar mesin las bisa digunakan dengan tepat untuk mengelas. Misalnya jika kamu mengelas benda tipis dengan ampere besar, maka benda tersebut bisa menjadi leleh.

3. Penjepitan tang massa pada mesin las 900 watt

Penjepitan ini dilakukan ke benda kerja yang hendak kamu las. Penjepit tang masa ini memiliki fungsi sebagai ground negatif di mesin las. Selain itu pastikan kamu menghindari kabel penghubung penjepit yang acak-acakan, agar tidak tersambar percikan api.

4. Gunakan kacamata dan topeng las

Hal ini bertujuan agar melindungi mata dan saluran pernafasanmu dari percikan api dan partikel yang berbahaya. Sebab partikel tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatanmu dan percikan api bisa melukaimu.

5. Tang elektroda di mesin las 900 watt

Tang elektroda berfungsi menghantarkan listrik pada mesin las ke elektroda yang kemudian diubah menjadi energi panas. Sesuaikan juga pemakaian elektroda dengan benda kerja dan ampere yang dipakai.

6. Bersihkan fluk yang dihasilkan las

Fluk tercipta ketika pelapis kawat elektroda terbakar. Jika fluk tidak dibersihkan bisa membuat benda menjadi berkarat. Untuk membersihkannya ketok palu secara perlahan pada bekas pengelasan sampai rontok, lalu sikat bekas pengelasan tersebut.

   Ketahui :

Jadi itulah tadi informasi singkat mengenai cara menggunakan las listrik 450 watt dan 900 watt dengan mudah. Semoga informasi singkat tersebut nantinya dapat berguna dan juga bermanfaat bagi kamu.

Leave a Comment